Sejarah Bandung Baru



Pekon Bandungbaru dibuka dan diresmikan pada hari kamis kliwon 9 september 1953. Nama pekon ketika baru dibuka adalah Susukan. Dan kepala susukan pertama bernama Ebon Santori. Susukan Bandungbaru dibuka oleh BRN atau tentara nasional ketika itu sebanyak 120 orang, masuk ke dalam kecamatan Padang Ratu Kabupaten Lampung Tengah.beberapa tahun kemudian mekar dan masuk ke kabupaten Lampung Selatan kecamatan Pagelaran.dan kemudian pemekaran lagi menjadi kabupaten kabupaten tanggamus dan kecamatan sukoharjo.kemudian kecamatannya mekar menjadi kecamatan Adiluwih, Kabupaten tanggamus sebelum akhirnya pada tahun 2011 menjadi Kabupaten Pringsewu. Dan kemudian pekon bandung baru juga pada tahun 2011 pecah menjadi 4 pekon, yaitu pekon Kutawaringin, Totokarto, Bandung Baru Barat dan Bandung Baru Induk.
Saat sebelum pecah menkadi 4 pekon, bandung baru memiliki 15 dusun dan 49 RT. Tetapi setelah pemecahan kemudian pekon bandung baru menjadi 7 Bayan dan 22 RT.
Pekon bandung baru merupakan Pekon yang paling strategis terletak di kecamatan Adiluwih sebelah barat berbatasan dengan pekon Bandungbaru Barat, sebelah Timur berbatasan dengan pekon totokarto, dan kuta Waringin, sebelah utara berbatasan dengan kabupaten lampung tengah, dan sebelah selatan berbatasan Waringinsari.

2 komentar:

  1. bahriyahnur mengatakan...:

    Omah ku kono e...

  1. bahriyahnur mengatakan...:

    Omah ku kono e...

Posting Komentar

Selamat Datang di Bandung Baru!

Kepala Pekon

Peta Wilayah

Link Pemerintahan

Statistik Pengunjung

AmazingCounters.com

Facebook

About Me

Bandung Baru. Diberdayakan oleh Blogger.